Rabu, 09 Juni 2010

Kata sebuah cerita

Sebuah cerita bukanlah kesah yang sekedar menghembus di sela-sela waktu ketika kehidupan menjadi sebuah rangkaian tulisan tentang arti, tawa, tangis, kekosongan, kebersamaan, bahkan sebuah kehilangan, dan keajaiban. Kata-kata yang berbaris merangkai diri masing-masing hingga menguntai jalinan sebuah cerita. Lupakan saja atau kenang sampai mata bertemu keindahan terakhirnya.
Hitam itu bukan putih, hitam itu di atas putih, sentuhan atas apa yang telah ada ataupun yang tidak pernah ada,,jika sebuah cerita tak mampu mengungkap apa yang telah dirasa atau apa yang tak pernah dirasa, ingatlah sebuah penantian, atau pencapaian yang menginginkan sebuah ingatan untuk menunjukkan apa yang pernah dilakukan atau apa yang tidak pernah dilakukan.
Kebanggaan sebagai yang mengaku keturunan sang adam yang meninggalkan jejak-jejak penjelajahan dan penjajahan atas apa yang telah ada sebelum dirinya, terukir mengukir prasasti-prasasti yang membusuk di dalam pertiwi atau menjadi hiasan di sepanjang dinding museum. Tetap menjadi sebuah cerita, sampai sang ibu berhenti merasakan panas di dalam dirinya.
Senyum terindah ataupun kesedihan yang paling tragis terbui dalam gulir-gulir kata tentang masa lalu ataupun asa di masa langit masih menaungi denyut kehidupan. Lupakan saja, atau ingat sampai mata tak mungkin lagi memandang, sebuah cerita memang bukan darah yang mengisi nadi,, namun mengaliri tiap ruang dalam kepala kecil manusia. Apakah mungkin ketika bahasa tak pernah ditemukan dan kata-kata tak pernah menjadi sahabat manusia akan tetap ada sebuah cerita????

Tidak ada komentar:

Posting Komentar